Minggu, 01 Maret 2020

Posted by Adi El Noor Maret 01, 2020


Hasil gambar untuk depok single window

Sumber foto: pemkot Depok
Zaman sekarang semua berlomba lomba untuk memanfaatkan sistem teknologi dalam memudahkan pelayanan. Tak terkecuali layanan kesehatan yang kini mulai melek teknologi. Seperti yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok yang berkomitmen memberikan kenyamanan dan pembaharuan dalam layanan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi sistem informasi. Mengatasi permasalahan antre berobat yang menjadi keluhan pasien, maka kini berobat di RSUD Kota Depok dapat dilakukan melalui Depok Single Window (DSW), milik pemerintah Kota (pemkot) Depok.
Dengan menggunakan aplikasi (DSW), pasien yang ingin berobat tidak perlu lagi menunggu lama untuk mengantre di RSUD Kota Depok atau kesulitan mendapatkan informasi mengenai jadwal dokter, kapasitas rawat inap, maupun informasi terkait layanan informasi faskes BPJS Kesehatan. Pasien cukup mengakses aplikasi tersebut dan mendaftar lalu membuat jadwal kunjungan berobat yang nantinya secara otomatis akan didapatkan nomor antrian beserta jam dan tanggal kunjungan berobat sesuai dengan yang didaftarkan oleh pasien. Maka dengan hal tersebut tentu akan menghemat waktu dan tidak menyulitkan warga yang berobat.
Direktur RSUD Kota Depok, Asloe’ah Madjri, mengatakan ”untuk pasien lama (warga yang telah terdaftar sebelumnya sebagai pasien di RSUD Depok.-red) yang ingin daftar ke poli bisa langsung membuka aplikasi DSW ini. Nantinya pasien akan langsung mendapat kepastian  jam agar bisa berobat ke dokter yang diinginkan. Lebih lanjut Ia menambahkan “Selain daftar online, di aplikasi juga akan terlihat jadwal dokter RSUD Depok, kapasitas rawat inap, jadwal dokter tidak praktik, maupun informasi fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan. Mudah-mudahan dengan ini akan lebih memudahkan masyarakat yang ingin ke RSUD Depok.” tuturnya.


Sumber foto: pemkot Depok
Depok Single Window adalah sebuah media bagi masyarakat kota Depok untuk memudahkan layanan informasi yang dapat diakses melalui smartphone. Saat ini sudah memiliki beragam fitur diantaranya; waktu sholat, panggilan darurat, informasi cuaca, informasi lalu lintas, peta Depok, berita Depok, lowongan kerja, layanan kesehatan, pendidikan, informasi pajak, BPHTB, fitur perizinan, PLN, zakat, fitur Aspirasi, dan Contact Centre Depok.
Sejak dirilis pada Agustus 2018, aplikasi ini telah di download oleh lebih dari 10 ribu orang dan telah mendapat lebih dari 200 ulasan. Dengan rating 4.2,  pembaharuan aplikasi ini dilakukan terakhir kali pada 30 April 2019 dengan penambahan fitur daftar layanan RSUD (Daftar Online, Jadwal Dokter, Kapasitas Kamar Inap, Informasi Faskes BPJS ) serta Penambahan Fitur Cek Pajak Kendaraan (Jawa Barat), dan perbaikan Bug pada fitur layanan kesehatan (Fixing Bug! RSUD)

0 komentar:

Posting Komentar

Search