Sumber foto: pemkot Depok
Zaman sekarang semua berlomba lomba untuk
memanfaatkan sistem teknologi dalam memudahkan pelayanan. Tak terkecuali
layanan kesehatan yang kini mulai melek teknologi. Seperti yang dilakukan oleh
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok yang berkomitmen memberikan kenyamanan
dan pembaharuan dalam layanan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi sistem
informasi. Mengatasi permasalahan antre berobat yang menjadi keluhan pasien,
maka kini berobat di RSUD Kota Depok dapat dilakukan melalui Depok Single Window (DSW), milik
pemerintah Kota (pemkot) Depok.
Dengan menggunakan aplikasi (DSW), pasien
yang ingin berobat tidak perlu lagi menunggu lama untuk mengantre di RSUD Kota
Depok atau kesulitan mendapatkan informasi mengenai jadwal dokter, kapasitas
rawat inap, maupun informasi terkait layanan informasi faskes BPJS Kesehatan.
Pasien cukup mengakses aplikasi tersebut dan mendaftar lalu membuat jadwal
kunjungan berobat yang nantinya secara otomatis akan didapatkan nomor antrian
beserta jam dan tanggal kunjungan berobat sesuai dengan yang didaftarkan oleh
pasien. Maka dengan hal tersebut tentu akan menghemat waktu dan tidak
menyulitkan warga yang berobat.
Direktur RSUD Kota Depok, Asloe’ah Madjri,
mengatakan ”untuk pasien lama (warga yang telah terdaftar sebelumnya sebagai
pasien di RSUD Depok.-red) yang ingin daftar ke poli bisa langsung membuka
aplikasi DSW ini. Nantinya pasien akan langsung mendapat kepastian jam agar bisa berobat ke dokter yang
diinginkan. Lebih lanjut Ia menambahkan “Selain daftar online, di aplikasi juga
akan terlihat jadwal dokter RSUD Depok, kapasitas rawat inap, jadwal dokter
tidak praktik, maupun informasi fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan.
Mudah-mudahan dengan ini akan lebih memudahkan masyarakat yang ingin ke RSUD
Depok.” tuturnya.
Sumber foto: pemkot Depok
Depok Single Window adalah sebuah media
bagi masyarakat kota Depok untuk memudahkan layanan informasi yang dapat
diakses melalui smartphone. Saat ini sudah memiliki beragam fitur diantaranya;
waktu sholat, panggilan darurat, informasi cuaca, informasi lalu lintas, peta
Depok, berita Depok, lowongan kerja, layanan kesehatan, pendidikan, informasi
pajak, BPHTB, fitur perizinan, PLN, zakat, fitur Aspirasi, dan Contact Centre
Depok.
Sejak dirilis pada Agustus 2018, aplikasi
ini telah di download oleh lebih dari 10 ribu orang dan telah mendapat lebih
dari 200 ulasan. Dengan rating 4.2,
pembaharuan aplikasi ini dilakukan terakhir kali pada 30 April 2019
dengan penambahan fitur daftar layanan RSUD (Daftar Online, Jadwal Dokter,
Kapasitas Kamar Inap, Informasi Faskes BPJS ) serta Penambahan Fitur Cek Pajak
Kendaraan (Jawa Barat), dan perbaikan Bug pada fitur layanan kesehatan (Fixing
Bug! RSUD)
0 komentar:
Posting Komentar