Selasa, 11 Agustus 2020

Posted by Adi El Noor Agustus 11, 2020
Ilustrasi Resto Khas Sunda Source : Instagram@bakoelsamara


Menu masakan Sunda merupakan salah satu menu favorit keluarga Indonesia karena rasanya yang gurih. Makin enak disantap dengan nasi putih! 

Masakan khas dari suku Jawa Barat ini tidak hanya memiliki cita rasa gurih saja tetapi juga cita rasa seperti asin, pedas dan asam segar. 

Dengan gaya hidup agrarisnya, warga Jawa Barat terkenal dengan kuliner dari hasil pertanian berupa beras dan sayur mayur. Makanan khas Sunda terkenal dengan hasil olahan sederhananya dan mudah untuk dijadikan sebagai menu masakan Sunda sehari-hari. 

Orang Sunda juga sangat menyukai sambal dan juga lalapan. Aneka sayuran seperti terung hijau, leunca dan juga kemangi dimakan mentah dengan cocolan sambal dan lauk. 

Nah, berikut ini menu masakan Sunda yang enak dan mudah yang pasti jadi favorit banyak keluarga. 

1. Nasi Timbel 

Ilustrasi Makanan Khas Sunda Nasi Timbel. Source : Shutterstock
Ilustrasi Makanan Khas Sunda Nasi Timbel. Source : Shutterstock


Nasi timbel merupakan perpaduan nasi pulen yang disajikan dengan bungkusan daun pisang, umumnya nasi timbel dibuat dari jenis beras Bagolo atau beras merah campuran. Awal mula nasi timbel sendiri berasal pada hidangan yang biasanya disajikan untuk para petani saat beristirahat, kini nasi timbel menjadi salah satu top list untuk makanan khas Sunda asli. 

Nasi timbel memiliki cita rasa yang unik dan kuat, sangat identik dengan masakan khas orang Sunda. Penyajiannya pun merupakan salah satu ciri khas makanan Sunda dengan menggunakan bungkusan daun pisang. Ada berbagai macam lauk yang cocok untuk menikmati kelezatan nasi timbel, yaitu ikan asin tahu dan tempe, serta lalapan dan sambalnya. 

2. Nasi Liwet Sunda 


Ilustrasi Makanan Khas Sunda, Nasi Liwet Source : Instagram 

Nasi liwet telah terkenal di kalangan masyarakat pulau Jawa, terutama daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Di Jawa Tengah, tepatnya berada di Kota Solo, nasi liwet dibuat dengan menggunakan campuran santan dan sayur labu. Sedangkan, untuk suku Sunda tidak memakai santan dalam olahan nasi liwet. 

Meskipun tidak menggunakan santan, nasi liwet Sunda ini mempunyai cita rasa gurih karena mencampurkan bumbu-bumbu dapur khas Indonesia, seperti batang serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih , daun kemangi dan daun salam. Nasi liwet dinikmati dengan lauk lainnya, seperti sayur asem, ikan asin, tahu atau tempe. 

3. Nasi Tutuk Oncom 


Ilustrasi Makanan Khas Sunda, Nasi Tutug Oncom Source : Shutterstock

Nasi Tutuk Oncom atau biasa dikenal dengan sebutan Sangu Tutug Oncom ini merupakan makanan tradisional khas Sunda berupa sajian nasi yang dicampur dengan tumisan oncom atau oncom bakar. 

Asal mula penamaan makanan khas kota Tasikmalaya ini berasal dari kata 'tutug' mempunyai arti menumbuk dalam bahasa Sunda. Jadi, proses menumbuk atau mengaduk nasi dengan bahan oncom dinamakan dengan kata'tutug'. 

Di luar wilayah Jawa Barat, sudah banyak tempat makan yang menyajikan nasi tutuk oncom dengan berbagai variasi lauk pauk. Biasanya, nasi tutug sendiri disajikan dengan lauk pendamping seperti ayam goreng, lalapan sayur dan sambal terasi. 

4. Sayur Asem 

Ilustrasi Sayur Asem Enak. Source : Instagram

Sayur asem adalah makanan khas Sunda yang selalu berada dalam daftar menu masakan Sunda. Sayur asem sendiri terdiri dari labu siam, jagung, kacang panjang, nangka muda, melinjo dan kacang tanah. Sayur asem juga dicampurkan dengan asam jawa yang memberikan cita rasa asam pada kuahnya. 

Sayur asem juga memiliki varian dari wilayah lain, yaitu sayur asem Betawi. Cita rasa sayur asem sendiri terasa sangat menyegarkan dan bergizi ini cocok bila disajikan dengan lauk ikan asin goreng dan sambal. 

5. Gurame Bakar 

Ilustrasi Ikan Gurame Bakar. Source : Pinterest


Ikan gurame atau ada juga yang menyebutnya gurami memang paling enak jika di panggang alias gurami bakar. Selain rendah kolesterol karena terhindar dari minyak goreng, gurame bakar memiliki cita rasa yang khas yang mampu membuat lidah bergoyang saat menikmatinya. 

Resto Bakoel Samara. Source : Instagram@bakoelsamara


Gimana dengan makanan Khas Sunda nya? semua masakan diatas dapat kamu dapatkan di Resto Bakoel Samara lhoo. Yuk nikmati hidangan lezat Bersama Keluarga Harga terjangkau tapi mewah, hanya di Bakoel Samara.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogroll

Cari Blog Ini

About

Search