Jumat, 13 November 2020

Posted by Adi El Noor November 13, 2020

  

Ilustrasi Mencari Ide (Freepik)

First Thing First: Menentukan Bisnis Model yang Tepat

Hal pertama sebelum kamu memilih perusahaan partner manufacture untuk membangun produk kamu, ada setidaknya 4 hal yang harus kamu pikirkan matang-matang seperti berikut :

A. Riset Market

Mulailah membaca sebuah trend pasar, arahnya sedang kemana sih, ramenya di niche apa sih, orang-orang lagi suka kemana sih.

Nah jangan ngotot jualan produk yang orang lain gak cari! ingat itu, kenapa? ya karena gak akan ada yang beli.

jadi, mulailah baca pasar, lalu mulailah ekstraksi ide bisnis dari sana. untuk melakukan riset secara online kamu bisa mulai dengan tool yang disediakan oleh google, yaitu Google Keyword Planner. Dan masalah riset produk ada banyak lagi hal lainnya yang bisa kamu lakukan. so keep exploring ya.

B. Mengecek Kompetitor

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah melakukan due diligence. Apabila sudah diketahui market trend ke arah tertentu, let’s say ke arah kosmetik.

selanjutnya kamu bisa mengecek pesaing yang bermain di niche ini, search saja di google, cek facebook fanspage, cek instagram mereka. buatlah catatan dan ambil kata kunci penting, dari sana kamu bisa mempelajari produk apa yang laku, cara membuat copywriting, cara membuat unique value dari brand kamu, harga yang mereka setting sampai kekurangan atau celah brand competitor. Secara kasarnya, mulailah dengan SWOT Analysis. S for strength, W for weakness, O for Opportunity dan T for threats.

C. Membangun USP Produk Sendiri

Setelah melakukan due diligence dengan cara SWOT analysis (ini salah satu cara, ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan lainnya), langkah selanjutnya adalah kamu melakukan ekstraksi dan mulai memformulasikan USP brand kamu.

USP adalah unique selling proposition. artinye adalah hal apa sih yang unik dengan membelinya produk kamu. USP ini menjawab pertanyaan di benak customer tentang kenapa saya harus membeli produk ini dari Anda? pikirkan hal ini dengan baik, maka kesuksesan produk akan ada di tangan.

D. Membuat Bisnis Model Canvas

Riset market sudah, setting USP sudah, cek kompetitor sudah. langkah selanjutnya adalah mulai membangun bisnis plan.

Eits, jangan takut dulu, bisnis plan di sini gak seribet yang kamu bayangin kok, dulu kita biasnaya harus membuat bisnis plan yang berlembar-lembar nya banyak banget, dan ini bikin pusing. Kamu hanya perlu membuat 1 lembar saja yang terdiri dari 9 kotak yang menjelaskan tentang bisnis kamu.

9 kotak tersebut adalah: customer segment, value proposition, channel, relationship strategy, revenue streams, cost structure, key partners, key people dan juga key resources.

Last But Not Least: Memilih Partner Manufacture yang Tepat

Ilustrasi Kerjasama (Instagram@icsb_depok)

Setelah melakukan 4 langkah pertama, sekarang saatnya kamu mencari partner manufacture yang tepat untuk bisnis kamu.

Sebagai contoh tadi untuk niche skin care kamu ingin mulai membangun serum anti aging dan mencari maklon serum anti aging atau mungkin jasa maklon kosmetik cream malam cream siang untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa mulai dengan searching di Google dan catatlah kontak mereka dan hubungi satu persatu.

Hal yang Perlu dipikirkan Ketika Memilih Manufacture Partner

Apa bisa membuat bpom? apa perlu PT atau CV? atau cukup KTP saja?

berapa MOQ nya? MOQ adalah minimum order quantity nya? bagaimana cara pemesanannya? apa saja yang bisa dibuat? berapa lama pengerjaan produknya?

apa menyediakan design produknya juga? buat perjanjian atau MOU supaya manufacture partner tidak menjual produknya langsung ke end user

What To Do Now?

Ilustrasi Pengenalan PT CMM (Instagram@ptcmm.id

Hay, sudah paham kan bagaimana cara membangun produk dengan brand sendiri. alau kamu ingin memulai bisnis dengan brand sendiri, terutama industri kosmetik, kamu bisa menghubungi

PT. CMM menyediakan jasa maklon kosmetik  untuk indsustri kosmetik, semuanya sudah all in, mulai dari design merek, cetak packaging, printing, botol, sampai kemasan siap jual dan juga racikan khusus yang sesuai dengan kamu.

Apa saja sih produk yang bisa dibuat?

Beragam, mulai dari produk perawatan kulit (skin care) seperti krim siang, krim malam, facial wash, masker wajah, serum. Atau mungkin kamu mau membuat produk dekoratif seperti bedak? lip matte? lip stick?

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogroll

Cari Blog Ini

About

Search