Selasa, 11 Agustus 2020

Posted by Adi El Noor Agustus 11, 2020
Karedok, Makanan Khas Indonesia Source : Unileverfoodsolutions.co.id

Selain gado-gado, Indonesia juga memiliki makanan khas yang terbuat dari aneka sayur-sayuran. Karedok, Ya, makanan khas asal Jawa Barat ini selalu mengundang selera untuk dicoba karena menyajikan aneka sayuran segar yang disajikan dengan bumbu kacang yang gurih. Karedok terbuat dari bahan-bahan sayuran segar yang masih dalam keadaan mentah seperti, ketimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Ditambah dengan siraman bumbu kacang yang membuat karedok menjadi nikmat. Bumbu kacang tersebut terbuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi. 

Sebagai makanan, karedok tidak hanya nikmat tapi juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Bahan-bahan sayuran yang masih dalam keadaan mentah dan segar dipercaya memiliki nilai serat yang tinggi. 

Konon Karedok ini berasal dari sebuah perkampungan Karedok, Jatinegara, Sumedang yang terletak di seberang sungai Cimanuk. Daerah itu dulunya adalah wilayah Sumedang Larang atau yang dikenal juga dengan negara Mayeuti (sebutan masyarakat pada waktu itu).

Suatu hari terjadi musibah tanah longsor yang menimpa sebuah perkampungan dan menyebabkan penduduknya pindah ke Rancakeong atau Babakan Dobol. Pada awalnya hanya ada 2 keluarga yang berada disana hingga akhirnya menjadi 710 jiwa. Cepatnya pekembangan tersebut lantaran daerah baru itu ternyata memiliki tanah yang subur sehingga banyak orang yang kemungkinan berdatangan dan memutuskan untuk menetap di sana. 

Pada waktu itu, Sumedang dipimpin oleh Butapi bernama Pangeran Surait Atmaja. Bupati tersebut senang sekali dengan aktivitas “ngalintar” atau menangkap ikan di sungai. Sepulang dari ngalintar di aliran sungai Cimanuk, Bupati lalu singgah dan istirahat di Kampung Dobol. Pada waktu beristirahat, masyarakat tahu jika yang beristirahat tersebut adalah seorang Bupati, dan menyuguhi sang pemimpin dengan Karedok terong, setelah mencicipi karedok tersebut, sang bupati merasakan kenikmatan yang luar biasa lalu kemudian dibicarakan kepada sesepuh Sumedang, dan ternyata para sesepuh Sumedang tertarik dengan cerita Bupati lalu pergi ke kampung Dobol untuk mencicipi Karedok tersebut. 

Lama-kelamaan, orang banyak berdatangan ke Kampung Dobol dan menyebutnya dengan sebutan Kampung Karedok yang hingga kini nama menjadi nama desa hingga kini. 



Seru kan cerita tentang karedok dengan segala kelezatannya kamu bisa dapatkan di Resto Bakoel Samara ayo bawa keluarga kamu bukan hanya karedok saja yang bisa kamu temukan disini, menu lain yang lezat dan murah tapi mewah juga ada lho.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogroll

Cari Blog Ini

About

Search