Rabu, 05 Agustus 2020

Posted by Adi El Noor Agustus 05, 2020
Ilustrasi Produk Yogurt. Source : Instagram @lmiyokiddo


Yogurt telah menjadi salah satu jenis makanan yang dikonsumsi oleh manusia selama ratusan tahun. Selain sangat bergizi, mengonsumsi Yogurt secara teratur juga dapat meningkatkan kesehatan diri
kamu. 

A. Apa itu Yogurt dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Ilustrasi Produk Yogurt. Source : Shutterstock

Yogurt adalah produk susu populer yang dibuat dari fermentasi bakteri susu. Bakteri yang digunakan untuk membuat Yogurt biasa disebut sebagai “Kultur Yogurt,” yaitu bakteri yang memfermentasi laktosa, gula alami yang dapat ditemukan di dalam susu. 

Proses fermentasi akan menghasilkan Asam Laktat. Zat inilah yang akhirnya membuat protein dari susu menjadi mengental, dan juga dapat memberikan rasa dan tekstur yang unik pada Yogurt. 

Yogurt sendiri dapat dibuat dari semua jenis susu. Untuk jenis yang terbuat dari Susu Skim (Skim Milk) tidak akan mengandung lemak, sedangkan untuk yang terbuat dari Susu Murni kandungannya penuh akan lemak. Banyak orang mengonsumsi Yogurt namun tidak banyak orang tahu bagaimana asal mula dan bagaimana Yogurt dikaitkan dengan kesehatan. Secara umum telah disepakati di antara sejarawan bahwa Yogurt dan produk susu fermentasi lainnya ditemukan secara tidak sengaja sebagai akibat dari susu yang disimpan oleh metode primitif di iklim yang hangat. 

Popularitas Yogurt melonjak di tahun 50-an dan 60-an dengan adanya booming budaya makanan kesehatan dan sekarang tersedia dalam banyak jenis untuk memenuhi setiap selera dan gaya hidup. 

B. Kegunaan Yogurt bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Tubuh Sehat. Source : Shutterstock

Studi ilmiah di Turki menunjukkan bahwa hanya 35 dari 100 orang Turki yang mengonsumsi Yogurt secara teratur. Setelah membaca artikel ini dan mengetahui manfaat Yogurt, kamu mungkin akan menjadi salah satu dari mereka. Hal ini dikarenakan terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi Yogurt. 

C. Sebagai Obat Penawar saat Kamu Menggunakan Antibiotik.

Ilustrasi Obat Antibiotik. Source : Freepik


Antibiotik terkadang diresepkan oleh dokter terhadap beberapa penyakit tertentu, sayangnya selain menghancurkan bakteri penyebab penyakitmu, mereka juga menyebabkan bakteri jinak (yang hidup secara alami di tubuhmu) untuk turut mati. 

Yogurt adalah satu-satunya produk susu bisa Kamu konsumsi saat minum obat ini, karena mengandung Probiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga membantu tubuh Kamu pulih. Probiotik juga membantu mencegah diare, yang merupakan efek samping yang umum dari antibiotik. 

D. Memicu Produksi Vitamin B

Ilustrasi Makanan Sehat. Source : Freepik

Tubuh kita hampir tidak dapat memproduksi vitamin sendiri. Hanya vitamin B dan K yang diproduksi melalui reaksi biologis di usus kita. Orang yang secara teratur makan Yogurt membantu tubuh mereka memproduksi vitamin B di usus. Vitamin B mengatur keseimbangan energi tubuh sekaligus melindungi kamu dari penyakit saraf dan autoimun. Untuk mendapat manfaat ajaib Yogurt ini, kamu harus mengkonsumsinya dengan airnya, jadi kamu bisa membeli Yogurt biasa daripada yang padat seperti tipe Greek Yogurt. 

E. Menyeimbangkan Gula Darah pada Tubuh.

Ilustrasi Cek Kadar Gula. Source : Alodokter

Studi menunjukkan bahwa jika seseorang rutin mengonsumsi yogurt yang tidak difermentasi dan tidak di skim, kadar gula darah pada tubuh akan lebih terkontrol. Bahkan, karena yogurt sendiri adalah makanan yang hanya bisa diserap perlahan oleh usus, maka kadar gula darah Kamu akan lebih terkontrol olehnya jauh di kemudian hari. Itulah sebabnya sangat disarankan Kamu untuk selalu mengonsumsi yogurt yang tidak difermentasi dan tidak diskim ketika Kamu makan makanan sehari-hari. 

F. Perisai Alami Terhadap Penyakit

Ilustrasi Imune Tubuh yang Menolak Virus. Source : IndiaToday.in

Dengan asam laktat di dalamnya, yogurt menjadi makanan yang patut diperhitungkan di antara makanan lain. Asam laktat mengubah lingkungan usus bagian dalam menjadi asam dan mencegah produksi sel kanker dengan menurunkan pH di sekitarnya sambil memfasilitasi produksi metabolit penguat sistem kekebalan tubuh. Pada dasarnya, yogurt adalah penguat sistem kekebalan tubuh yang sempurna. Bakteri asam laktat di dalamnya memiliki efek penting dalam mencegah kanker, infeksi, penyakit gastrointestinal dan asma. Konsumsi rutin yogurt harian dan segar meningkatkan pengaruh positif yogurt. 

G. Melancarkan Sistem Pencernaan

Ilustrasi Sistem Pencernaan Sehat. Source : Shutterstock


Lactobacillus bulgaricus adalah bakteri yang mempercepat gerakan usus dan tidak dapat ditemukan di makanan selain yogurt. Asam laktat dalam yogurt membunuh bakteri berbahaya di usus, mencegah diare dan membantu menciptakan lingkungan usus yang sehat. Dengan kata lain, kita dapat mengatakan bahwa produk susu fermentasi ini adalah pembersih usus. Yogurt meningkatkan penyerapan kalsium setelah dikonsumsi dan menstimulasi hormon saturasi di usus. Nah, begitu luar biasa ya fakta tentang Yogurt begitu juga YO! Kiddo Imuno jangan ragu lagi dong yuk di beli apalagi ditambah madu bagus untuk anak-anak kita. Pencernaan Sehat Ga Gampang Sakit

Ilustrasi Produk Yogurt. Source : Instagram @lmiyokiddo


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogroll

Cari Blog Ini

About

Search