Jumat, 17 April 2020

Posted by Adi El Noor April 17, 2020
Source : Instagram @ptcmm.id

Saat seseorang sedang sakit, seperti flu, pilek, atau batuk, pada umumnya mereka akan menggunakan masker. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit dari penderita kepada orang sehat yang ada di sekitarnya. 

Masker yang biasa digunakan banyak orang untuk mencegah penyebaran penyakit memiliki dua sisi berbeda, di sisi pertama berwarna biru atau hijau dan kedua berwarna putih. Namun sudah tahukah Kamu apa itu masker hidung? Dan bagaimana cara memakai masker hidung yang benar? 

Masker hidung adalah benda yang digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit. Masker ini dilengkapi dengan tali atau karet, berbentuk longgar, serta melindungi area hidung dan mulut. 

Sebenarnya, penggunaan masker hidung hanya disarankan saat Kamu sedang flu, batuk, atau terjangkit jenis penyakit lainnya. Masker ini mampu mencegah Kamu menyebarkan tetesan air liur atau ingus ke udara yang mungkin saja mengandung kuman. 

Masker hidung juga dapat melindungi diri dari percikan cairan tubuh orang lain ketika dia sedang batuk atau bersin sehingga Kamu tidak turut tertular penyakit. 

Selain itu, masker juga harus digunakan pada :

- Orang-orang yang sedang sakit infeksi pernapasan. Misalnya, flu, pneumonia, bronkitis, tuberkulosis (TBC), dan lain-lain. 

-  Orang yang merawat pasien dengan infeksi pernapasan.

-  Orang yang mengunjungi rumah sakit atau klinik, termasuk dokter, perawat, dan ahli medis yang bekerja di sana. 

-  Pekerja yang menangani makanan.

-  Petugas transportasi umum. 

Selain masker hidung, jenis masker ini biasa dikenal dengan masker operasi, masker prosedur, atau masker medis. 

Cara memilih masker medis yang tepat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih masker medis yang tepat, yakni:

- Pilihlah jenis masker atau masker bedah yang berfungsi melindungi dari mikroorganisme, cairan tubuh, dan partikel berukuran besar di udara. 
- Menutup area hidung dan mulut.
- Terbuat dari material lembut dan nyaman digunakan. 
- Umumnya dikemas dalam sebuah kotak yang berisi masker sekali pakai. 

Ada sebuah berita yang salah mengenai cara penggunaan masker yang bisa di bolak - balik.

Banyak orang Indonesia yang menggunakan masker dengan cara dibolak-balik. Saat sedang flu, bagian masker yang berwarna putih bisa digunakan di dalam. Hal tersebut diyakini dapat menyaring mikroorganisme agar tidak menyebar keluar dan menulari orang lain. 

Sedangkan, jika tidak sedang flu, bagian berwarna putih bisa digunakan di luar dengan anggapan untuk menyaring mikroorganisme dari lingkungan luar agar tidak masuk ke dalam. Lantas, benarkah demikian?

Jawabannya adalah Salah. Dalam kondisi sedang sakit atau sehat, cara pakai masker yang benar adalah sisi berwarna biru atau hijau harus digunakan di luar dan sisi berwarna putih berada di dalam.

Sisi masker berwarna putih bersifat sebagai penyaring. Ketika Kamu sedang pilek, flu, atau batuk, sisi berwarna putih berfungsi mencegah penyebaran virus atau bakteri penyebab penyakit. Namun saat Kamu tidak sedang sakit, sisi berwarna putih akan melindungi diri Kamu dari paparan mikroorganisme yang berasal dari luar.

Selain itu, sisi berwarna putih terbuat dari material-material yang dapat menyerap. Ini bertujuan untuk mengatasi rasa tidak nyaman dan lembap saat bernapas menggunakan masker.

Sebaliknya, sisi masker berwarna hijau tidak terbuat dari material yang dapat menyerap, sehingga jika Kamu menggunakannya di dalam maka dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat bernapas.

Ketahui cara pakai masker yang benar

Meski kelihatannya mudah, cara pakai masker tidak boleh sembarangan. Berikut adalah panduan cara pakai masker yang benar yang direkomendasikan:

- Pastikan ukuran masker hidung cocok dengan wajah Kamu, tidak kebesaran ataupun kekecilan.

- Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer terlebih dahulu sebelum menggunakan masker. 

- Selanjutnya, cara pakai masker yang tepat adalah menggunakan masker dengan sisi luar masker berwarna hijau atau biru, sedangkan bagian dalam masker yang menempel langsung dengan area mulut dan hidung berwarna putih. Kemudian, pastikan sisi atas masker yang ditKamui dengan adanya garis kawat hidung. 

- Untuk jenis masker karet, Kamu hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang kedua telinga. 

- Sedangkan, bagi yang menggunakan masker tali, posisikan garis kawat di atas hidung, lalu ikat kedua sisi tali pada bagian atas kepala. Jika masker sudah menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. 

- Selanjutnya, ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher Kamu. 

- Setelah masker sudah terpasang aman di wajah, cubit atau cocokkan bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung Kamu agar masker lebih tertutup rapat. 

- Apabila masker sudah terpasang dengan benar, hindari menyentuh masker. Jika ingin menyentuh masker, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. 

Masker medis harus dibuang setelah digunakan. Sebaiknya, masker tidak digunakan lebih dari satu hari. Ganti masker hidung apabila sudah kotor atau rusak. 

Bagaimana cara melepas masker hidung yang tepat?

Jika masker sudah kotor, rusak, dan harus dibuang, lakukan cara melepas masker yang tepat berikut ini:

- Sebelum melepas masker, cuci tangan Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

- Ketika melepas masker, hindari menyentuh bagian depan masker. Mengapa?  Pasalnya bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel dari luar. Jadi, sebaiknya hanya sentuh bagian tali atau karet pengaitnya. 

- Untuk melepas masker karet, pegang kedua karet yang menempel di kedua telinga lalu lepaskan masker dari telinga.

- Sementara, untuk melepas masker tali, buka tali bagian bawah, lalu lepaskan tali bagian atas.

- Buang masker ke tempat sampah. Lalu, kembali cuci tangan atau gunakan hand sanitizer guna membersihkannya dari kuman yang menempel.

Jika Kamu merasa bingung atau kesulitan dalam memilih masker yang sesuai dengan kondisi Diri Kamu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan demikian, Kamu juga akan mendapatkan rekomendasi yang tepat mengenai cara pakai masker dari dokter lho... 



  Nah, sudah tahu kan informasi mengenai cara Memakai Masker. Sekarang Aku mau memberi tahu nih, PT. Cahaya Multi Mandiri (CMM) merupakan produsen dan suplier produk kosmetik terdaftar dan tersertifikasi dengan berbagai brand yang merupakan partner terbaik para customer. Sebagai suplier produk kosmetik, kami dapat menyediakan berbagai macam produk maklon kosmetik untuk segala kebutuhan kamu dan juga perusahaan kamu.



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogroll

Cari Blog Ini

About

Search